Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebijakan Pemerintah Memajukan Wisata NTB dan Mengenal Gili Air di Lombok

Politik Kebijakan Pemerintah di Dunia Wisata - Tidak bisa kita pungkiri, adanya kemajuan wisata di Lombok memberikan dampat positif dan negatif bagi masyarakat. Dampak positifnya adalah semakin banyaknya peluang ekonomi tercipta dari dunia wisata, seperti maraknya usaha rental mobil di Lombok, munculnya tour service di Lombok serta makin majunya usaha kerajinan dan oleh-oleh khas lombok. Diantara dampak negatifnya adalah munculnya tempat hiburan malam serta muncul masyarakat yang semakin hedonis, jauh dari nilai agama.

Diluar plus minus tersebut, pemerintah aslinya memiliki peran penting memajukan dunia wisata di Lombok. Apakah saja faktor-faktor yang mendukung kemajuan pariwisata di pulau Lombok ? Silahkan lihat tulisan dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Faktor Kebijakan Pemerintah :

  • Membenahi fasilitas dan memperbaiki tempat wisata di pulau lombok.
  • Menfasilitasi akses menuju ke tempat wisata, baik pembukaan jalan raya baru, perbaikan jalan raya maupun persediaan alat transportasi umum.
  • Melakukan sosialisasi kepada masyarakat Lombok tentang pentingnya pariwisata.
  • Melakukan promosi tentang pariwisata di pulau Lombok baik kepada masyarakat propinsi Nusa Tenggara Barat maupun masyarakat Indonesia bahkan Internasional melalui acara, penelitian, pendidikan, dan pelatihan yang berkaitan tentang pariwisata.
  • Memfasilitasi pembentukan komunitas Genpi (Generasi Pesona Indonesia) yang teridiri dari 25 komunitas yang berada di Nusa Tenggara Barat yang perduli terhadap pariwisata. (Sumber : News.detik.com, 21 September 2016).
Kebijakan Pemerintah Memajukan Wisata NTB dan Mengenal Gili Air di Lombok
Sudut wisata di Gili Air Lombok

Mengenal Gili Air Sebagai Destinasi Wisata Unggulan Lombok

Salah satu tempat wisata yang mengalami kemajuan akibat peran dari pemerintah adalah Gili Air. Gili Air merupakan salah satu dari tiga gili terkenal di pulau Lombok yaitu gili Air, gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga gili ini berada pada posisi yang berjejer dan berada di kawasan pantai utara Lombok. Gili Air termasuk dari ketiga gili yang memiliki pantai yang amat indah yang sayang untuk dilewatkan.

Dibandingkan Gili Trawangan dan Gili Meno,  gili air merupakan gili yang paling dekat dengan pulau Lombok dan berlokasi tepatnya di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Jika ingin berkunjung ke gili Air maka harus menyebrang melalui pelabuhan Bangsal sekitar 25 menit menggunakan kapal motor (boat), sedangkan jarak pelabuhan Bangsal dari Ibu Kota Propinsi 25,1 km atau sekitar 50 menit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Nah, semoga artikel kami ini bisa bermanfaat ya. Jangan remehkan kebijakan pemerintah. Meski kadang tidak optimal, namun mereka tetap bekerja agar tetap bisa mendapatkan legitimasi mengatur masyarakat. Dan salah satu kawasan yang terkena imbas menjadi semakin maju adalah Gili Air. Namun jika kita muslim sebaiknya menilai hasil wisata di Lombok itu dari kacamata syariat semata. Jangan silau pada dunia, namun ternyata banyak dosa dan kerusakan disana sini.

Posting Komentar untuk "Kebijakan Pemerintah Memajukan Wisata NTB dan Mengenal Gili Air di Lombok"